Apakah Perguruan Tinggi itu?

Pepatah lama mengatakan "Tak kenal maka tak sayang", kalimat ini begitu sederhana namun memiliki makna yang dalam bagi yang biasa mengucapkannya. Bagi generasi "Jaman Now" barangkali kalimat itu dianggap sudah tidak tepat lagi, dinamika sosial masyarakat kita sudah banyak yang berubah. 

Padahal kalau satu-satu dari generasi zaman now itu ditanya, "maukah kalian kehilangan sesuatu yang bernilai?". Barangkali satu atau dua orang saja yang menjawab "YA", itupun biar dia kelihatan lebih lucu dari yang lain.

Sayang seribu kali sayang, karena mereka sendiri tidak tau arti jawabannya. Bagaimana dengan anda? Siapkah anda menjalani sesuatu yang anda sendiri tidak mengerti? Tentu mengenal sesuatu lebih dulu adalah lebih baik dari pada menerimanya mentah-mentah.

Kita kembali ke judul tulisan ini, "Apakah Perguruan Tinggi itu?". Ya, bagi anda yang sudah tau, namun bagi yang belum tahu penting bagi anda untuk menyelesaikan membaca tulisan ini. Barangkali suatu saat nanti bermanfaat bagi anak cucu, kerabat bahkan mungkin juga saudara.




Apakah Perguruan Tinggi itu?
Dalam bahasa sederhana kita telah sering mendengar kata pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Tapi mengapa kita tidak pernah mendengar perguruan dasar, perguruan menengah, sementara perguruan tinggi sudah biasa diucapkan oleh banyak orang. 

Perguruan tinggi dilihat dari bidang keilmuan yang diselenggarakan dapat dibedakan atas 3 jenis antara lain 1). Pendidikan Akademik, 2). Pendidikan Vokasi dan 3). Pendidikan Profesi (Spesialis). 

Sistem pendidikan tinggi yang menitik beratkan kepada pengembangan dan penguasaan ilmu pendidikan, teknologi dan seni tertentu ini disebut Pendidikan Akademik. didalam sistem Pendidikan Akademik terdapat program pendidikan Jenjang Sarjana, Jenjang Magister dan Jenjang Doktor.